Cari Blog Ini

Kamis, 14 Januari 2010

bayi masih lapar saat diberi asi

Lonjakan pertumbuhan bayi?



Bagaimana Ibu tahu jika bayi Ibu masih lapar? Memang tidak ada petunjuk baku yang bisa dijadikan patokan. Namun pada umumnya bayi yang masih lapar cenderung menangis minta diberi ASI lebih sering. Dan ia akan minta ASI lebih lama dari biasanya.



Pada usia sekitar 6 minggu, banyak bayi mengalami lonjakan pertumbuhan. Akibatnya, bayi sering merasa lebih lapar dan mempengaruhi rutinitas pemberian ASI Jika situasi ini terjadi, tingkatkan frekuensi atau jumlah pemberian ASI. Setelah beberapa hari biasanya pola pemberian ASI akan terbentuk kembali.



Terlalu dini untuk memberi makanan tambahan



Banyak ibu bertanya, apakah bayi yang lapar berarti sudah tiba saatnya untuk diberi makanan tambahan sebagai pendamping ASI?. Sebenarnya, makanan tambahan pendamping ASI hanya boleh diberikan setelah bayi memasuki usia 6 bulan. Jangan terburu-buru memberikan makanan pendamping ASI sebelum bayi berusia 6 bulan karena pada usia tersebut alat pencernaan bayi belum bisa menerima segala sesuatu selain ASI. ASI memberi semua energi dan gizi yang diperlukan bayi Ibu.



Ada kemungkinan bayi tidak ”selapar” kelihatannya



Sebagian bayi hanya suka menghisap payudara Ibunya hanya supaya merasa nyaman. Bayi seperti ini seolah-olah minta diberi ASI, padahal sebenarnya cukup diberi pelukan atau respons lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar