Cari Blog Ini

Rabu, 09 Juni 2010

PEKERJA CAMP PERUSAHAAN HUTAN TANAMAN INDUSTRI

Apa itu pekerja camp…? Pekerja camp adalah pekerja yang hidup dan tinggal didalam camp diareal perusahaan tempat bekerja. Perusahaan yang menyediakan camp untuk karyawan bekerja biasanya adalah perusahaan yang terletak didalam hutan atau lokasi yang yang jauh dari pemukiman penduduk. Perusahaan hutan tanaman industry adalah salah satu perusahaan yang mnyediakan camp untuk karyawannya dalam bekerja. Perusahaan hutan tanaman industry merupakan perusahaan yang bergerak didalam bidang pengelolaan hutan produksi yang biasanya memproduksi jenis tanaman fast growing species.
Pengalaman saya sebagai pekerja camp perusahaan hutan tanaman industry sejak tahun 2006 di daerah muara bengkal,kutai timur ada beberapa suka dan duka menjadi pekerja camp pada perusahaan hutan tanaman industry . Untuk sukanya biasanya pekerja camp mendapatkan upah yang lebih besar jika dibandingkan dari pekerja yang tidak bekerja di camp, selain itu semua fasilitas baik tempat tinggal, makan minum, kesehatan danlain lain sudah disediakan gratis oleh perusahaan. Keuntungan yang kedua bahwa lokasi bekerja berdekatan dengan tempat tinggal sehingga pekerjaan dapat dilakukan lebih mudah.
Untuk dukanya sebagai pekerja camp adalah yang pertama jauh dari lokasi pemukiman penduduk kalaupun ada hanyalah sebuah desa yang didalamnya hanya terdapat fasilitas yang sangat minim. Yang kedua akses menuju ke kota biasanya hanya mengandalkan dari fasilitas perusahaan karena tidak adaya fasilitas transportasi umum yang melewati arela camp. Yang ketiga fasilitas yang ada terutama kesehatan hanya tergantung pada yang disediakan oleh perusahaan, apabila kita sakit yang parah dan fasilitas kesehatan yang ada di perusahaan tidak mampu untuk menanggulangi maka kita harus melakukan perjalan yang cukup jauh untuk menuju rumah sakit yang biasanya berada dikota. Yang keempat bahwa sebagai pekerja kita susah untuk mebawa keluarga ke camp dikarenakan fasilitas yang ada hanya difokuskan kepada para pekerja yang ada, misalnya tidak adanya sekolahan bagi anak pekerja dan lainlain, yang kelima karena kita hidup didalam camp maka pekerjaan tidak hanya terbatas pada jam kerja saja.
Dari pengalaman bekerja di dalam camp banyak didapat pelajaran hidup yang dapat diambil misalnya kedisiplinan dalam bekerja, lebih mandiri dalam hidup dan dapat belajar bekerja keras dalam hidup ini.

1 komentar:

  1. terimakasih pengalamannya, mas. dulu mas Yusef di bagian apa? adakah di HTI sarjana pertanian dibutuhkan?

    BalasHapus