Cari Blog Ini

Selasa, 01 Juni 2010

profil resort sangata taman nasional kutai

A. Letak dan luas
kawasan resort sangata seksi wilayah I sangata seluas 22.327,85 Ha. Secara administratif pemerintah termasuk dalam wilayah kabupaten kutai timur. Batas wilayah resort sangata seksi pengelolaan taman nasional wilayah I meliputi :
* sebelah utara dibatasi sungai sangata dan HPH PT. Porodisa
* sebelah timur dibatasi oleh selat Makasar
* sebelah selatan berbatasan dengan resort Sangkima
* sebelah barat berbatasan dengan kawasan seksi pengelolaan taman nasional
wilayah II Tenggarong, tepatnya dengan resort Mawai indah
menurut zonasinya resort sangata termasuk zona rimba dan zona pemanfaatan.

B. Geologi dan tanah
berdsarkan peta geologi Kalimantan timur, formasi geologi ini meliputi :
* di bagian pantai terdiri dari batuan sedimen alluvial induk dan terumbu karang
* di bagian tengah terdiri dari batuan sedimen miosen atas

1. Topografi
Secara topografi resort Sangata berbukit (bergelombang ringan, sedang sampai berat) dengan ketinggian 70 - 200 meter dari permukaan laut
dari arah timur ke barat terdapat beberapa gunung, yaitu gunung baruang, gunung labasan, gunung tukung, gunung melawn dan gunung mentoko
sungai-sungai di resort sangata antara lain sungai sangata, sungai benu muda, sungai nyudan, sungai melawan, sungai selayar dan sungai masabang

2. Iklim
berdasarkan klasifikasi Scmidt dan Ferguson, secara umum resort Sangata kawasan hutannya beriklim tipe B. dipengaruhi iklim tropis basah dengan ciri khas hujan sepanjang tahun, karena itu hampir tidak memiliki perbedaan pada pergantian musim hujan dan kemarau
angin barat umumnya terjadi pada bulan november sampai dengan april dan musim timur terjadi pada bulan mei sampai dengan bulan oktober.
berdasarkan data curah hujan 675 mm/ tahun, jumlah hari hujan terbanyak 32 hari.

3. Hidrologi/ pola air sungai
keadaan permukaan tanah resort Sangata secara umum berbukit dan bergelombang mengakibatkan terjadinya aliran-aliran sungai yang cukup banyak tersebar hampir di seluruh bagian resort sangata. Dikawasan resort Sangata seksi pengelolaan taman nasional wilayah I sangata daerah aliran sungai yang utama adalah sungai sangata bermuara di pantai selat makasar.

POTENSI KAWASAN RESORT SANGATA
A. Potensi flora
daerah penyebaran formasi ulin, meraanti, kapur terdapat disebelah dalam melawan dan prevab, disekitar riam senara, sekitar sungai benu muda dan sungai benu tua.
pada areal lainnya terutama disekitar riam batu rumah banyak ditemukan lokasi bekas terbakar yang telah menjadi hutan sekunder yang ditandai dengan tumbuhnya jenis-jenis elativ seperti macaranga spp., piper aduncum, trema orientalis, melostoma malabraticum, dan lain lain.
di hutan bagian dalam prevab juga ditemui jenis eusideroxylon malagangae (ulin sirap), Eurycoma longifolia (pasak bumi), Dracontomelon dao (sengkuang), Cananga odorata, Ficus spp., Eugenia spp., Borassodendron borneensis (bendang), baccaurea sanguineana, Dimocarpus longan, dan lain lain.
sedangkan di beberapa tempat di sungai galah (anak sungai sangata) ditemukan jenis Scorodocarpus borneensis (kayu bawang hutan), vitex pinnata (laban), Octomeles sumatrana. sedangkan di sekitar sungai semaduningkat (anak sungai sangata) ditemukan jenis Knema latricia (mardarah).
kawasan ini juga masih terdapat beberapa mangrove yang relatif lebih bagus yaitu disekitar muara sungai sangata.

B. Potensi fauna
pada kawasan resort sangata, terutama dari mulai daerah seberang dusun kabo jaya sampai dengan sungai benu tua banyak dijumpai sarang orang utan terutama disekitar pinggiran sungai sangata. owa owa terdapat disekitar sungai galah dan disekitar sungai benu tua.
jenis dari kelas mamalia yaitu rusa sambar, babi hutan, kancil, kijang dan napubanyak ditemukan jejaknya disebelah dalam prevab, mentoko, sekitar riam batu merah, dan disekitar melawan. beruang juga terdapat di prevab, sedangkan jejak banteng ditemukan disekitar Goa kelelawar (bagian sebelah dalam prevab). didaerah ini juga terdapat mamalia kecil seperti bajing kerdil polos, bajing kerdil telinga hitam, bajing kelapa dan bajing besar. disekitar sungai leang di prevab ditemukan jejak berang berang dan kucing batu. dari kelas reptilian dari laporan masyarakat dan perjumpaan secara langsung ditemukan buaya muara di muara sungai sangata, sedangkan biawak dan kadalbanyak dijumpai di pinggiran sungai sangata dan di prevab. ditemukan juga ular kobra disekitar muara sungai benu tua. sedangkan di prevab ditemukan pula jenis bunglon sisir dan bunglon biasa.

C. Potensi fisik (keindahan alam)
resort sangata memiliki beberapa kindahan alam diantaranya adalah air tejun prevab dan goa kelelawar. sedangkan di hulu sungai sangata banyak ditemukan riam kurang lebih sebanyak 10 riam, yang diantaranya bernama riam batu buan, riam sambut tangan, riam takalak, riam batu rumah, riam panjang dan lain lain.
panorama hutan hujan tropis dataran rendah dengan out bond dapat di jumpai di prevab dengan fasilitas sederhana berupa bangunan PIPLH (pusat informasi dan pendidikan lingkungan hidup), pondok penilitian orang utan Dr. Akira Suzuki dan beberapa shelter trek wisata rute kancil (pendidikan cinta lingkungan), terdapat penelitian orang utan oleh Prof. Ane Russon juga ada di daerah Benili tepatnya disekitar Semadu Ningkat dan berjalan sampai sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar