Cari Blog Ini

Minggu, 27 Juni 2010

pemimpin yang bagus

bagaimana cara menjadi pemimpin yang berhasil...??
inti dari pemimpin yang berhasil adalah dimana dia mampu mengontrol, mengatur dan mengkoordinir yang dibawahnya sehingga tujuan atau target dapat tercapai dan anak buah juga merasa nyaman dalam bekerja. intinya bagaimana kita bisa membuat anak buah dapat bekerja dengan sepenuh hati sehingga hasil yag diperoleh dapat optimal. apabila kita menjadi pemimpin aspek yang harus dipegang adalah bagaimana kita bisa bersikap adil terhadap anak buah dan kita mampu mengoptimalkan daripada sumberdaya yang di punya anak buah.
beberapa yang harus diperhatikan agar anak buah diperlakukan secara adil:
1. berbeda kinerja, kemampuan dan target yang dicapai maka harus dibedakan gaji atau peghasilannya. pada intinya orang bekerja adalah mencari penghasilan, dan orang akan bekerja dengan lebih baik apabila dia di hargai oleh pemimpinnya. sebagai pemimpin kita harus pintar-pintar menilai mana anak buah yang benar-benar berprestasi dan mana anak buah yang hanya bertipe penjilat dan berpotensi merusak keharmonisan suatu team.
2. berikan suatu pikiran bahwa anak buah harus bekerja untuk dirinya sendiri, jangan bekerja untuk orang lain atau untuk pemimpinnya ataupun boz nya. seberapa bagus kinerja anak buah pasti akan kembali kepada anak buah sendiri. kalau pekerjaan dia bagus berarti harga tawar dari pekerja akan naik, penghasilan juga akan bertambah dan apabial kinerja tidak bagus maka harga tawar pekerja juga akan turun dan penghasilan tidak akan bertambah. dengan dia bekerja untuk dirinya sendiri maka dengan ada atau tidak adanya pemimipin yang mengawasi pekerjaan dia maka hasilnya akan tetap bagus.
3. berikan kesempatan anak buah untuk dapat berkembang dan belajar. dimaksudkan bukan hanya di berikan diklat ataupun pelatihan pelatihan tetapi juga apabila dianggap mampu dapat diberikan kewenangan yang lebih sehingga dapat belajar untuk mendapatkan pengetahuan dan kemampuan yang lebih.
4. jalin komunikasi yang bagus dengan anak buah, sehingga tidak ada lagi miss komunikasi antara pemimpin dan anak buah.

dalam mengatur anak buah kita harus mengerti kemapuan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing orang, untuk itu dapat dibagi dalam 4 kelompok orang :
1.kelompok orang mau dan mampu
yang masuk dalam kelompok ini adalah kelompok orang yang memiliki kemampuan dan kemauan.dalam kelompok ini anak buah sudah bisa dilepas hanya sesekali saja dilakukan pengawasan. dan untuk kelompok ini dapat diberi kewenangan yang lebih didalam bekerja.
2. kelompok orang yang mau tapi tidak mampu
yang masuk dalam kelompok ini adalah kelompok orang yang memiliki kemauan tapi tidak memiliki kemampuan. dalam kelompok ini harus sering sering dilakukan pelatihan pelatihan dan dorongan untuk dapat terus belajar secara terus menerus.
3. kelompok orang yang mampu tapi tidak mau
yang masuk dalam kelompok ini adalah orang yang memiliki kemampuan tapi tidak mau melakukan pekrjaan dengan baik. yang paling berbahaya adalah kelompok yang ini karena cenderung berbuat curang dalam bekerja dan berpotensi merusak keharmonisan team.untuk kelompok ini tindakan yang harus dilakukan adalah pengawasan yang ekstra dan terus menerus.
4. kelompok yang tidak mau dan tidak mampu
yang masuk dalam kelompok ini adalah orang yag sudah tidak mampu juga tidak punya kemauan untuk lebih baik. untuk kelompok yang ini tindakan yang harus dilakukan adalah di buang dari team karena tidak ada harapan untuk memperbaikinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar