Cari Blog Ini

Selasa, 01 Juni 2010

PROFIL RESORT SANGKIMA TAMAN NASIONAL KUTAI

I. Letak dan luas
resort sangkima adalah merupakan bagian dari wilayah seksi taman nasional kutai wilayah I sangata, dimana batas sebelah timur adalah selat makasar dan sebelah barat berbatasan dengan seksi pengelolaan taman nasional wilayah II tenggarong dan disebelah selatan berbatasan dengan resort teluk pandan serta sebelah utara berbatasan dengan resort sangata.
Sedangkan luas resort sangkima adalah seluas 42.532,8 Ha atau setara dengan 21% dari luas keseluruhan taman nasional kutai. Secara administrative resort sangkima berada di kecamatan sangata selatan kabupaten kutai timur dan berada diantara resort sangata dan resort teluk pandan.
Wilayah resort sangkima memiliki topografi berbukit walaupun sebagian ada yang memiliki topografi datar. Kondisi tersebut dikarenakan sebagian resort sangkima berada di pesisir pantai selat makasar sehingga sebagian daerahnya adalah memiliki topografi yang datar.
Desa-desa yang ada di resort sangkima yaitu desa sangkima lama dan desa sangkima. Sedangkan desa yang ada disekitar resor sangkima antara lain desa kandolo, desa sangata selatan dan desa sing geweh.
II. Potensi resort sangkima
a. Potensi flora
Potensi flora yang dimiliki oleh resort sangkima sangat beragam yang terdiri dari berbagai jenis tanaman. Beberapa jenis tanaman merupakan tumbuhan obat. Jenis jenis flora yang ada di resort sangkima antara lain : meranati, kapur, keruing, merading, puspa, pulai, simpur, kayu arang, ulin, merbau, jambu-jambuan,bakau, tancang, cemara laut, waru laut, ara, perupuk, terap, mangga, benuang, bayur dan bungur.

b. Potensi fauna
Potensi fauna yang dimiliki oleh resort sangkima sangat beragam, antara lain : orang utan, bekantan, owa-owa, lutung biasa, kera ekor panjang, beruk, rusa, kijang, kancil, babi, beruang madu, kucing dahan.

III. Potensi wisata
Potensi wisata yang ada di resort sangkima antara lain :

1. Wisata alam sangkima
Sarana dan prasarana yang terkait denag wisata alam yang ada di obyek daerah tujuan wisata alam sangkima antara lain: guest house, balai pertemuan, musholla, loket wisata dan track wisata alam (board walk). Selain itu didalam kawasan wisata ini dikembangkan juga berbagai jenis tantangan out bond seperti jembatan gantung, jembatan sling, shelter bagi para pengunjung yang merasa lelah dan ingin beristirahat sejenak dan rumah pohon. Pada wisata alam ini juga terdapat pohon ulin eksotis dengan ukuran raksasa.

2. Pantai teluk Lombok
Kawasan pantai teluk Lombok sampai saat ini belum terlalu dikembangkan menjadi suatu kawasan wisata alam andalan bagi taman nasional kutai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar